Jumat, 26 Juni 2009

Mty LupHly Bima

E Haiiiii,,,,,
Pengen Nulis sesuatu tentang My LuphlY Bima,,,daerah tempat tinggallu sekarang, yang letaknya ada di ujung timiur Pulau sumbawa, Nusa Tenggara Barat..
Banyak orang yang gak tau tentang Bima,,,iya seyh klw di bandingin sama Pulau Lombok, atu kabupaten Sumbawa emang gak tenar2 Banget, padahal Bima sekarang dah di bagi jadi 2 yaitu Kabupaten Bima dan kota Bima,,,,naahhh aku tinggal Di Kota Bima,,tepatnya Di Kecamatan Mpund (gak tau apa ya artinya),,nama lingkungannya Samporo_Bedi,,kalu di artiin Samporo artinya sebentar, konon katanya,,dulu waktu jaman Belanda, para pejuang Bima mampir di tempat ini, untuk istirahat, karna dah agak lelah gitu,,tapi istrahtnya cuma bentar, nah gak lama mreka lanjutin perang lagi di Bedi artinya (pistol/Tembak), d tempat inilah perang di lanjuton makanya dinamakanlah SAamporo_Bedi,,tapi cerita aslinya gak tau seyh, tu aku denger dari orang2 ajah!@!!

hmmmm,,,aku sendiri gak seratus persen berdarah Bima,,,tapi nyampur Lombok juga, lahir juga di lombok, tapi SMP baru deh Pindah ke bima, awlnya rada gak sreg gt,,tapi lama kelamaan ternyata Bima itu nyimpen banyak sejarah dan budaya yang menarik banget untuk di liat dan dipelajari, tapi jujur,,,bahasanya rada susah heheheh,,nyebutnya swyh yang susah!!!! tapi aku heran,,banyak orang,,kawula Muda Bima khususnya yang kesannya ngluapain daerahnya sendiri bahkan ada sebagian yang katanya Males di Bima, atau paling parah lupa sama Bima,,,hmm,,,,kenapa yahhh???padahal aku malah kagum sama Bima, yang punya adat yang smpe sekarang brusaha tetep di jaga, sejarah Bima juga yang unik punya daya tarik tersendiri,, yang klau mau di kembangkan,,,aku yakin bakal jadi daya tarik untuk para wisatawan!!!

Bima,,,dalam pewayangan Bima itu adaah sosok kesatria yang tangguh, kuat dan keren hahahahah,dan disegani tentunya,,,jadinya Bima haruslah jadi daerah yang disegani, tapiiii,,,,gmna mau di segani, di kenal aja jarang,,hmmmmmm,,,,,
sekarang2 ini Pemnbangunan di Bima lagi maju2nya,,SD2 dah berstandar nasional, SMp, bahkan SMA jyga di kategorikan jadi Skulah Mandiri,,,jadi masa gak Bangga seyh?????
Bima punya Pelabuhan sendiri,,ada 2 lagi,,,punya Bandara juga,,apa coba yang gak di banggain dari Bima,,SDA dah ngedukung,,tinggal SDM neyh,,mau gak dukung SDA yang ada,,

nahhhh,,,ini ada beberapa tempet di Bima,,kota maupun kabupaten, yang sedikit enggak aku taulah, walaupun fotonya gak asli aku yang ngambil heheheeh!!!!

naaahhh,,,ini Museum Bima, dulunya ne kesultanan Bima, berdiri dari awal Islam Masuk ke Bima, dan Bima beralih dari Raja menjadi Sultan,,lokasinya di kOta Bima, dekeyt lapangan Merdeka,,, Miseum ini sering desebut ASI MBOJO, dah mengalami renovasi tai tetep memperthankn Bentuk Aslinya, didalamnya bisa kita lihat, mule dari pakaian adat asli Bima, pakaian raja, Putri, rakyat jelata, alat2 jaman dulu, kamar Putri dan para raja yang semuanya asli terbuat dari kayu jati,,, ada salah satu ruangan tempat penyimpanan peralatan perang dan berbagai macam senjata, tapi ruangan itu gak sembaranan bisa dbuka, kecuali pada acara2 tertentu atau Ada pengunjung yang pengen banget liat ruangan itu, taiii, huaaahhhh,,,senjatanya n keris2nya bagus2 bgt!! ada salah satu keris yang katanya sakti bgt!!! kita cuma bisa liat fotonya saja, kerisnya di kunci rapat di dalem kotak khusus, konon katanya, keris ini sebagai penjaga Istana dulu, kalau aada orang yang berniat jahat masuk ke dalam istana, jangan harap bisa kabur dari keris ini!!! hmmm,,mistis bgt kaN!!! ada Ruangan perpustakaan Sultan juga, terus Aula yang kadang2 di pakai untuk Rapat,,ada Ruang Bawah Tanah juga,,tapi aku gak berano ke sana,,takuuut heeheeheh!!!!
sebagian dari isi Museum ini di taro di Istana Daerah di Mataram, tapi ada satu museum lagi yaitu Museum Samparaja, letaknya di jalan Gadjah Mada, museumnya kecil Banget, di sana ada pakean adat bima dan macem2 peralatan kesenian!!
ini gerbang yang dulu, kira2 taon 90-an deh

Ini Gerbang yang sekarang

kalau yang ini Gerbangnya,,Namanya Lare-Lare...kenapa namanya Lare0lare,,diriku gak ta juga heheheheh,,,



Ini Gunung Sangiang, gak pernah ke sana seyh, tapi letaknya di Kecamtan Wera Kabupaten Bima, jauh juga dari Kota bIma, tapi kalau kita ke Sape (kecamatan paling timur) kita bisa ngliat gunung ini,,,ne salah satu gunung berapi yang masih dikatakan aktif, karena Terhitung sejak Kamis (4/6) malam pukul 19.00 WITA, gunung Sangiang di Kabupaten Bima dinyatakan keadaan waspada. Gunung ini sejak 18 Mei mengalami letusan secara terus menerus. Masyarakat tidak diizinkan untuk melakukan pendakian dan para petani musiman dari Sangiang daratan tidak diperkenakan untuk datang bertanam di pulau Sangiang.
tapiii keknya skrg dah mule normal lagi,,,katanya di gunung sangiang ini ada Gua yang d anggap Mistis sama masuarakat sekitar,,bener apa enggak, gak tau pasti karna aku blom liat secara langsung.


yang ne salah satu tarian Klasik bima namanya Lengsara, tarian dalam kalangan istana dalam acara pewnikahan atau tarian dalam acara2 khusus istana, penarinya memakai pakaian adat lengkap, dengan Pasapu Monca (sapu tangan Kuning) dan kipas, tariam imi temponya pelan, seirama dengan Gong,, menggambarkan sosok wanita Bima yang Gemulai, dalam bersikap,,,hmmmm,,,,seneng bgt sama tari yang satu ini, karena sebelum akhir tari, para penarinya duduk dan memperagakan cara duduk khas wanita Bima. Dulu waktu SMP aku pernah ikut kemah Budaya, Upacara Pembukaan memakai pakaian Adat dab duduk dengan cara duduk Khas Wanita Bima, asli,,kakiku kesemutan 2jam duduk dengan posisi yang sama heheheh!!!



Next...ini namanya Rimpu, Budaya yang hampir Punah seiring kemajuan Jaman, Dulu gadis2 Bima Harus memakai Rimpu kalau keluar Rumah, ini menggambarkan bahwa Budaya Menutup Aurat udah ada dari jaman Dahulu Kala,,sekarang hampir kita gak nemuin gadis memaki Rimpu seperti ini lagi termasuk aku heheheheh,,,kecuali klw kita pergi ke pelosok2 dan pasti ketemu sama wanita2 yang memakai Rimpu, itupun terbatas cuma kalangan Ibu2 saja!!!
Wkatu JamBore Nasional Taon 2001, pada saat karnaval, aku make Rimpu, tapi wajah tetep diliatin,,, Kain yang di pakai untuk Rimpu Namanya Tembe Nggoli, tenunan Khas Bima, jangan berpikir kalau orang2 akan ngerasa gerah atau panas make Rimpu karena, Tembe Nggoli akan memberikan efek adem dan Dingin bagi yang memakainya,,

hmmm,,,,cukup deh untuk sekarang, yang laen bakal nyusul,,heheheh,,blom,da Dok Nya ney!!!!

9 komentar:

  1. wow....keren bangat tuh, aku juga suka bangat budaya bima, i lov pull bima

    BalasHapus
  2. Lengkap ja ra ulasan na...
    salut!!!

    salam pata angi arie..
    dari kaki gunung Dewatula Penatoi..
    :D

    BalasHapus
  3. wahhh...
    aku turut banggan meNjadi Orang bima..!!!
    heheeheh.
    keMbanGaKan...!!!

    BalasHapus
  4. woi aku kangen bima apalagi wera,tolowata, wera timur dan cenggu di thn 1998 -2001 sempat tinggal dan bergaul dengan dau mbojo yg ramah dan bersahabat semoga sekarang menjadi lebih baik...tetap damai tidak lagi perang antar desa yang sangat marak pd saat itu

    BalasHapus
  5. hmmm,,,thanks yang dah komen, hrp maklum nmya jg blog amatiran hehehehe

    BalasHapus
  6. kren abis. km ngerti bangat soal bima. aku aja ada duluan, blom ngerti betul soal bima....
    salut buat u......

    BalasHapus
  7. heheheh...thanks K,,ytu jg hasil nyontek kok hehehe

    BalasHapus
  8. keren na....follow blog kakak jg ya...

    BalasHapus

Komen Pliss!!!